19:01
0
Tumbuhnya jerawat pada wajah dapat disebabkan oleh berbagai hal. Banyak mitos seputar tumbuhnya jerawat. Seperti makan coklat dapat menyebabkan jerawat dan sebagainya. Meskipun beberapa mitos tersebut ada yang benar, namun tidak selalu hal yang dimitoskan tersebut menyebabkan timbulnya jerawat membandel. Apa saja mitos paling umum seputar timbulnya jerawat. Dilansir dari berbagai sumber inilah ketujuh mitos yang paling sering dijumpai seputar jerawat :

Jerawat paling sering terjadi pada remaja
Mitos ini belum tentu benar, tidak hanya remaja yang paling sering mengalami masalah jerawat. Seseorang dapat menghadapi masalah jerawat pada usia berapa pun. Penyebab utama jerawat adalah ketidakseimbangan hormon, yang dapat terjadi pada siapa saja. Jadi, tidak berhubungan dengan remaja.

Jerawat hanya disebabkan karena kebersihan wajah yang buruk
Mungkin mitos ini ada benarnya, namun timbulnya tidak hanya karena malas membersihkan wajah. Kotoran dan minyak yang menumpuk pada wajah adalah faktor eksternal timbulnya jerawat. Sedangkan jerawat juga bisa muncul akibat faktor internal yaitu keseimbangan hormon tubuh.

Makanan berminyak menyebabkan jerawat
Sebenarnya tidak ada hubungan antara makanan berminyak dan berjerawat. Tapi jika mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan bisa memacu produksi kelenjar minyak pada kulit. Hasilnya kulit mudah berminyak dan kotoran gampang menempel pada wajah.

Makeup menyebabkan jerawat
Mitos ini ada benarnya tapi tidak selalu benar. Make up yang menimbulkan jerawat adalah make up yang mengandung bahan keras dan tidak cocok untuk kulit wajah. Tapi, saat ini, makeup organik yang tersedia untuk kulit, dan juga aman untuk diaplikasikan pada wajah. Pilih produk make up yang memiliki asam salisilat, yang mencegah jerawat pada kulit.

Sun tanning baik untuk jerawat
Ini adalah mitos seputar jerawat yang salah. Karena pada dasarnya sun tanning tidak baik untuk jerawat. Sinar UV dapat merusak kulit menyebabkan masalah kulit lainnya. Lebih baik menggunakan sun block pada wajah, selain mencegah kulit terbakar juga mencegah timbulnya jerawat pada kulit.

Uap baik untuk jerawat
Sebenarnya uap membantu untuk membuka pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang terbuka justru sehingga lebih rentan terhadap jerawat. Karena keadaan pori-pori seperti ini mudah terkena yang dapat menyebabkan jerawat.

Stres menyebabkan jerawat
Stres tidak menyebabkan jerawat, tetapi dapat memicu kondisi timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini karena dalam keadaan stress tubuh melepaskan hormon kortisol. Hormon ini dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit berminyak. Produksi sebum berlebih inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

0 komentar:

Posting Komentar

- Kamus Bahasa Indonesia -